Dugaan Korupsi Dana Desa, Projo Kampar Resmi Laporkan Kades Tanah Merah ke Kejari

0

BANGKINANG, KANALRIAU.COM –DPC Pro Jokowi (Projo) Kampar resmi melaporkan Kepala Desa Tanah Merah berinisial SAH kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat terkait dugaan korupsi Dana Desa tahun 2018 higga 2019.

Ketua Projo Kampar, Husein Noer yang dikonfrimasi melalui Kabid Kominfo Projo, Canggih Trigunawan Hakim, Selasa (18/8/2020), membenarkan adanya laporan tersebut.

“Hari ini, kami resmi melaporkan Kepala Desa Tanah Merah Siak Hulu terkait dugaan penyelewengan Dana Desa dan penyalahgunaan wewenang ke pihak Kejari Kampar,” ungkapnya yang saat melaporkan didampingi beberapa pengurus Projo Kampar lainnya.

Menurut Canggih, hasil investigasi tim Projo Kampar, Kepala Desa Tanah Merah diduga kuat melakukan penyelewenangan dana desa Tahun Anggaran 2018 dan 2019.

“Ada 10 item yang kami laporkan, 2 di antaranya terkait penyalahgunaan wewenang, yang mana kepala desa diduga melakukan tindakan yang menurut kami non prosedural,” bebernya.

Canggih juga meminta agar pihak Kejaksaan Negeri Kampar dapat sesegera mungkin menindaklanjuti laporan Projo Kampar.

“Kami berharap Kejaksaan Negeri Kampar sesegera mungkin memproses laporan resmi PROJO Kampar ini,” ujarnya.

Canggih juga menambahkan, bahwa sebelumnya, Senin, (10/8/2020) Projo Kampar juga telah menyurati secara resmi Bupati Kampar untuk segera melaksanakan rekomendasi DPRD Kampar terkait Pemeriksaan Khusus (Riksus) terhadap Kepala Desa Tanah Merah.

“Namun sayangnya, hingga saat ini belum ada jawaban atau respon apapun, kami (Projo Kampar, Red) juga berharap agar Bupati Kampar segera menindaklanjutinya dengan memerintahkan inspektorat untuk melakukan pemeriksaan Khusus,” katanya lagi.

Ditambahkan Canggih, apabila rekomendasi DPRD Kampar terkait pemeriksaan khusus tidak segera dilaksanakan, tentunya Bupati Kampar terkesan tidak berpihak pada rakyat dengan tidak mengindahkan Rekomendasi DPRD yang notabenenya rekomendasi rakyat.

“Kami minta ketegasan Bupati Kampar untuk segera menindaklanjuti rekomendasi DPRD, jangan ciderai hati rakyat, bagaimanapun DPRD itu merupakan wakil dari rakyat, jangan sampai ada mosi tidak percaya dari rakyat terhadap pemerintah Kabupaten Kampar yang dalam hal ini Bupati kampar,” tutupnya. *

Reporter : DW Baswier
Editor : Adri Akbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here