Kolaborasi BBKSDA Riau- PT AA/APP Sinar Mas Sisir Jerat Harimau

0

ROHIL, KANALRIAU.COM — Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) berkolaborasi dengan PT Arara Abadi (AA)-APP Sinar Mas Region Riau menggelar aktivitas menyisir jerat harimau yang ada di kawasan konsesi perusahaan bersangkutan. Kegiatan ini berlangsung dari selama 5 hari, 20 sampai 25 Juli 2020.

Forest Sustainibility-Health Safety PT AA-APP Sinar Mas Region Riau kepada wartawan, Sabtu (25/7/2020), menyebutkan perlu kolaborasi aktif dari berbagai pihak, baik NGO atau LSM, masyarakat, TNI/Polri, pemerintah dan ”stakeholder” terkait.

”Karena sisir jerat tidak hanya masalah pihak perusahaan konsesi semata, tetapi menjadi tanggungjawab kita bersama,” tuturnya.

Sementara kegiatan yang berlangsung selama 5 hari ini, meliputi;

(1) Pembersihan dan pengamanan jerat harimau dan satwa mangsa yang ditemukan;
(2). Pengambilan data titik koordinat lokasi jerat dan temuan tanda-tanda keberadaan harimau seperti jejak/ tapak, cakaran, kaisan, rambut, dan lain lain.
(3). Bila ditemukan jejak/tapak harimau dilakukan pengukuran jejak;
(4). Pengambilan titik koordinat temuan aktivitas ilegal;
(5). Pengambilan titik koordinat hasil inventarisasi dan identifikasi temuan tanda-tanda keberadaan satwa liar jenis lainnya di jalur patroli;
(6). Peta temuan jerat dan kegiatan illegal dalam kawasan (pemetaan hasil sapu jerat)
(7). Pengambilan dokumentasi untuk setiap kegiatan tersebut.

Forest Sustainibility – Health Safety & Enviroment PT AA-APP Sinar Mas Region Riau ini menambahkan, tujuan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pencegahan konflik dan perburuan harimau dan gajah Sumatera.

Di samping itu, kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan kesadaran para pekerja konsesi PT. Arara Abadi untuk berpartisipasi aktif dalam mitigasi konflik manusia-harimau dengan merusak dan membersihkan jerat.

”Bagi kami, kegiatan ini menjadi model kolaborasi dan menjalin jaringan informasi dan komunikasi berkelanjutan agar para pekerja ikut berperan aktif dalam upaya mencegah perburuan harimau dan mitigasi konflik antara manusia dengan harimau,” ucapnya.

M Syarif Hidayat mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu komitmen dan konstribusi yang optimal PT Arara Abadi dan APP Sinar mas guna mewujudkan ko-eksistensi antara masyarakat dan satwa kunci di sekitar wilayah operasional perusahaan.

”Ini juga sekaligus mengedukasi dan kami mengharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga keberlangsungan satwa kunci dan mengurangi resiko terjadinya konflik manusia dan satwa,” terangnya.

Pencegahan konflik di area konsesi PT Arara Abadi selama ini sudah dilakukan melalui kegiatan
sosialisasi dan edukasi baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap para pekerja dan masyarakat di sekitar hutan produksi.

”Tindakan pengamanan kawasan seperti patroli dan larangan melakukan perburuan juga dilakukan. Sisir jerat juga dilakukan sebagai salah satu aksi pencegahan untuk menekan perburuan dan menekan timbulnya konflik antara manusia dan satwa khususnya harimau Sumatera,” pungkasnya seraya menambahkan kegiatan ini sebagai salah satu bentuk kegiatan dalam rangka memperingati Hari Konservasi Harimau (Global Tiger Day) oleh PT. Arara Abadi dan APP Sinarmas. * (rls)

Editor : Adri Akbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here