BKSDA Evakuasi Beruang Madu di Bukit Timah Dumai

0

DUMAI, KANALRIAU.COM — Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) Balai Besar KSDA Riau yang terdiri dari dokter hewan dan  paramedis  akhirnya memutuskan untuk melakukan evakuasi dengan  pembiusan terhadap seekor Beruang Madu (Helarctos Malayanus) yang berkeliaran di pekarangan warga di Kelurahan Bukit Timah Dumai.

Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono yang dihubungi wartawan, Rabu (3/6/2020), membenarkan tindakan evakuasi terhadap satwa buas yang dilindungi ini. Seperti diketahui Beruang tersebut sebelumnya telah terpantau di kebun masyarakat sekitar TWA Sungai Dumai. Namun keberadaannya untuk kali ini dilaporkan cukup meresahkan warga sekitar.

Dari laporan itu, Tim Resort Dumai segera diturunkan ke lokasi yang berdekatan dengan kawasan konservasi TWA Sungai Dumai tersebut.  Tim berkoordinasi dengan aparat desa setempat dan kelompok pecinta alam Dumai untuk melakukan upaya penggiringan kembali ke habitatnya. Namun satwa Beruang Madu yang ternyata berjumlah 2 (dua) ekor yaitu induk yang cukup besar dan anaknya membuat Tim cukup kewalahan untuk melakukan penggiringan.

‘’Pembiusan pertama berhasil dilakukan terhadap anak Beruang yang karena kepanikannya sempat menaiki pohon kelapa. Dengan berbagai cara Tim berhasil membujuknya turun dan kemudian melakukan pembiusan terhadap anak Beruang tersebut,’’ terang Suharyono.

Ditambahkannya, setelah anak Beruang tidak sadarkan diri, induknya pun keluar dari persembunyiannya. Lalu tanpa menunggu waktu lagi Tim segera melakukan pembiusan induk Beruang walaupun cukup mengalami kesulitan.

‘’Ada beberapa kali upaya pembiusan terhadap induk Beruang karena gagal. Namun dini hari tadi tim berhasil melakukan pembiusan terhadap induk Beruang bersangkutan,’’ ungkapnya.

Setelah dibius, hari ini jgua sekira pukul 11.30 WIB, kedua satwa Beruang itu pun dilakukan pelepasliaran di kawasan konservasi yang jauh dari pemukiman penduduk dan memang merupakan habitatnya. *

Editor : Adri Akbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here