Puluhan Buruh Demo di Gerbang Masuk PLTGU

0

PEKANBARU, KANALRIAU.COM — Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Pekanbaru diwarnai aksi demonstrasi damai sebanyak 21 buruh di gerbang masuk proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Medco Ratch Power Riau (MRPR) dan E & W Hutama Karya (HT) di kawasan industri Tenayan Raya, Sabtu (2/5/2020).

Para demonstran ini melakukan aksi demo terkait adanya surat pemberitahuan untuk ”merumahkan’ mereka menyusul dampak dari Pandemi Virus Corona (Covid-19). Aksi dimulai dari pagi hingga siang hari berlangsung damai.

Ketua Ikatan Masyarakat dan Pemuda (IMP) Tenayan Raya Putra dalam orasinya menyatakan, di masa ekonomi masyarakat akibat virus Corona, pihak perusahaan malah akan mem-PHK mereka. “Pihak perusahaan mengatakan volume pekerjaan sudah mulai berkurang. Sementara pekerja yang asal Pulau Jawa tidak bisa balik kampung dikarenakan adanya kebijakan lockdown oleh pemerintah. Jadi artinya kami yang notabene pemuda tempatan bakal dipecat,” ujarnya.

Perlakuan berhadap naker tempatan ini, imbuh Putra, juga sangat tidak adil. Upah mereka rata rata hanya Rp65 ribu hingga Rp70 ribu per hari tanpa diikutkan dalam program BPJS Ketenagakerjaan apalagi BPJS Kesehatan. *

Reporter : Deni Baswir
Editor : Adri Akbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here