MPA Binaan Asian Agri Turut Cegah Penyebaran Covid-19

0

PELALAWAN, KANALRIAU.COM – Sejak di tetapkannya status Tanggap Darurat Covid-19 di Provinsi Riau awal April 2020, Masyarakat Peduli Api (MPA) binaan Asian Agri secara sukarela mencegah penyebaran Pandemi di lingkup wilayah desanya.

“Kami MPA selain sebagai relawan penanggulangan kebakaran desa, maka kami juga terpanggil untuk turut serta dalam mengkampanyekan bahaya wabah virus Covid-19 di lingkungan desa kami,” ujar Rohman, Ketua MPA Desa Lubuk Ogung binaan Asian Agri.

Apalagi, imbuhnya, Covid-19 dan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) ini dampaknya sama -sama membuat sesak nafas, maka kita semua harus bekerjasama untuk menghentikan penyebarannya.

”Kini setiap hari, Tim MPA ada yang bertugas di Posko MPA untuk mengukur suhu masyarakat yang lalu lintas di desa, sembari mensosialisasikan bahaya karlahut ke warga dan mengkampanyekan hidup bersih, senantiasa menjaga jarak aman, serta menganjurkan rutin mencuci tangan untuk mencegah penularan Covid-19,” kata Rohman.

Harapannya agar desanya bisa bebas dari penyebaran virus Corona. “Semua usaha kami adalah bentuk ikhtiar kami untuk menjaga desa bebas dari virus Corona,” ujarnya.

Selain itu, selama ini MPA Desa Lubuk Ogung, hanya bertugas mencegah terjadinya karhutla di desa. Mereka juga selalu tanggap dan menjadi relawan apabila ada musibah melanda desa, seperti banjir, huru hara dan lainnya.

Dikatakan, beragam upaya yang dillakukan MPA senantiasa bekerjasama dengan Pemerintah Desa, Bhabinkamtibnas Desa, Babinsa Desa Lubuk Ogung dan Asian Agri.

Di tempat terpisah, Hafiz Hazalin Sinaga, Manager Fire Free Village Program selaku penggerak MPA Lubuk Ogung mengapresiasi dan mendukung MPA untuk menjadi tonggak darurat bencana desa.

“MPA memang di bentuk dari pemuda-pemuda desa yang memiliki kepedulian yang tinggi. Sehingga apa yang dilakukan Tim MPA binaan kita ini adalah bentuk nyata dari kepedulian tersebut,” ucapnya.

Di samping, sembari menjaga desa dari ancaman karhutla, mereka juga menjaga desa dari ancaman virus Corona.

”Hal ini patut kita apresiasi, karena mereka bisa menjadi tonggak darurat bencana desa. Karena kepedulian mereka adalah untuk kemaslahatan warga desa,” ujarnya.

Hafiez juga memberikan apresiasi kepada Tim MPA Desa Lubuk Ogung. Ditambahkannya, kegiatan sosialisasi bahaya dan pencegaahan Covid-19 senantiasa mereka lakukan dengan membagi 2 regu secara bergantian untuk memaksimalkan kerja daruratan bencana di desa, baik bencana karhutla maupun bencana Covid-19. * (rilis)

Editor : Adri Akbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here