Menteri Siti Nurbaya Lepas 6 Jenazah Korban Kecelakan Speedboat

0

PALANGKARAYA, KANALRIAU.COM — Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, Selasa (10/3/2020) pagi, melepas 6 (enam) jenazah petugas kantor Taman Nasional Sebangau (TNS), di Kota Palangkaraya yang meninggal dunia akibat insiden tabrakan kapal cepat atau speedboat.

Suasana duka dan isak tangis keluarga dan rekan sejawat korban mengiringi ke tempat peristirahatan mereka. Korban dari pihak KLHK yakni Abdi Darmansyah, Ibnu Yudistira Hendrawan, Mutiara, Tyas Novianti, Mansyah dan Umroatus Sholikhah.

“Saya mewakili segenap keluarga besar KLHK dan pemerintah, ikut berduka teramat dalam atas kepergian anak, adik, sahabat, dan kolega kerja kami di Taman Nasional Sebangau. Mereka gugur saat menjalankan tugas negara. Selamat jalan adik adik dan sehabat kami,” tutur Menteri Siti dengan suara bergetar.

Sebelum memimpin penghormatan terakhir dan ikut mengantar sampai peti jenazah dimasukan ke ambulance untuk diantar ke pemakaman, dia menyerahkan santunan duka pada keluarga korban.

Saat hendak menyerahkan santunan, istri salah seorang korban jatuh pingsan di hadapan Menteri Siti. Kesedihan semakin menyeruak. Lantunan dzikir dan doa dari jemaah yang hadir beriringan terdengar menguatkan.

Setelah prosesi pemakaman, menjelang malam barulah rombongan Menteri Siti kembali ke Palangkaraya untuk menuju RSUD Doris Silvanus, tempat dua korban pegawai TNS atas nama Yuliansi dan Selfia, menjalani perawatan intensif akibat peristiwa kecelakaan tersebut.

Sedangkan satu korban tewas atas nama Umroatus Sholikhah, yang merupakan istri dari Polhut TNS dikebumikan di kampung halamannya di Jawa Tengah.

Total korban dari pihak KLHK karena musibah kecelakaan ini adalah 8 orang, dimana 6 diantaranya dinyatakan meninggal dunia di lokasi kejadian, dan dua masih menjalani perawatan.

“Peristiwa ini merupakan pukulan berat bagi Kementerian. Kami kehilangan pegawai-pegawai yang baik. Tidak mudah melalui masa-masa sulit ini, tapi tetap harus kita lalui bersama,” kata Menteri Siti.

Insiden naas tabrakan antara perahu yang ditumpangi para korban dengan kapal yang membawa rombongan Paspampres di Taman Nasional Sebangau ini juga menyebabkan tewasnya Dandim Kuala Kapuas Letkol Bambang Kristianto Bawono.* (rilis)

Editor : Adri Akbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here