Bawaslu Riau Berperan Penting Ciptakan Pilkada Berkualitas

0

PEKANBARU, KANALRIAU.COM — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) berperang penting menciptakan Pemilihan Kepala Daerah (PIlkada) serentak babak IV yang bakal diselenggarakan di sejumlah tingkat II di Provinsi Riau.

Ungkapan itu dikemukakan Anggota DPR RI dari PPP Dapil Riau1 Syamsirizal saat melakukan kunjungan kerja (kunker) ke kantor Bawaslu Riau, Jalan Adi Sucipto No.284 Komplek Transito, Pekanbaru, Jum’at (06/03/2020).

Menurut Bupati Bengkalis dua periode ini, peran penting Bawaslu untuk melakukan sosialisasi dan penegasan pentingnya netralitas aparatur sipil negara (ASN) sangat diperlukan.

Karena, imbuhnya, berdasarkan survei yang dilakukan DPR RI terkait netralitas ASN, tercatat 4 point alasan mengapa mereka tidak netral. Pertama, lemahnya sanksi yang diberikan kepada si pelaku. Kedua, kurang pedulinya ASN terhadap netralitas. Ketiga, kurangnya integritas.

”Terakhir, adanya intervensi dari pimpinan atau pejabat yang di atas mereka,” ungkap Syamsurizal, kurangnya pemahaman tentang netralitas itu sendiri.

Dalam hal itu, peran penting independesi Penyelenggara Pemilu, termasuk Bawaslu sangat diperlukan. Terutama dalam hal sosialisasi dan penegasan pentingnya netralitas ASN.

Syamsurizal berharap kepada seluruh jajaran Bawaslu Riau agar dapat bekerja secara optimal sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Kunker itu diakhiri dengan penyerahan cenderamata dari Bawaslu Provinsi dan buku hasil pengawasan Pemilu tahun 2019 dari Bawaslu Kabupaten Bengkalis dan Kepulauan Meranti. *

Reporter : Deni Baswir

Editor : Adri Akbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here