MPC Pemuda Pancasila Pekanbaru Siap Promosikan Tahura SSK

0

PEKANBARU, KANALRIAU.COM –– Memiliki flora dan fauna beraneka ragam, Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim (Tahura SSK) membuat pimpinan organiasi kemasyarakatan (ormas) Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Pekanbaru terkagum kagum.

Tidak sampai di situ, sebagai ormas dan Organisasi Kepemudaan (OKP) yang memiliki massa yang besar di seluruh Nusantara, Pemuda Pancasila siap membantu mempromosikan potensi Tahura ini sebagai agro wisata dan wisata pendidikan.

Ini disampaikan Mustakim JM, S.Pd. M.Pd, Sekretaris MPC PP Kota Pekanbaru dan berapa pengurus yang lain saat melakukan survei lapangan di Tahura SSK.

Kahadiran pengurus MPC Pemuda Pancasila Pekanbaru ini disambut langsung Kepala UPT KPHP Model Minas Zailani, SP. MMA.

Dari survei tersbut terlihat sebagian fasilitas di Tahura SSK ini telah termakan usia, kotor dan tidak terawat. ”Kita siap membantu bagaimana Tahura SSK ini menjadi destinasi wisata Riau dan kembali ramai dikunjungi turis domestik maupun macanegara,” tuturnya.

Mustakim menambahkan, berdasarkan pengamatan terhadap flora dan faunanya, Potensi Tahura SSK pasti mampu Go International. ”Kami siap mendukung program-program pak Jai sekaligus nantinya mengajak anggota Pemuda Pancasila dan khususnya masyarakat Kota Pekanbaru untuk sama-sama mengunjungi, menjaga, memperhatikan kemudian mengkomersilkan Tahura SSK,” katanya.

Sementara itu Kepala UPT KPHP Model Minas Zailani, SP. MMA menjelaskan Tahura SSK merupakan track pendidikan atau wisata pendidikan paling pas yang bisa dikomersilkan lebih luas.

Trend kegiatan ekstrakurikuler lingkungan di sekolah, universitas dan komunitas yang melakukan kunjungan-kunjungan ke hutan cukup stabil. Tahura SSK sangat berpotensi sebagai tujuan wisata pendidikan, pengembangan penelitian dan pengabdian.

Ia juga sekaligus juga dalam mendorong peran serta program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan untuk membantu mengembangkan Tahura.

“Menjaga Tahura ini perlu banyak masa dan perhatian netizen juga, untuk itu kita membuka diri dalam menjalin kerjasama positif dari berbagai pihak,” tuturnya.

Zailani menambahkan, kekuatan Tahura SSK terdapat pada potensi flora dan fauna serta Ekosistemnya. Tempat ini berpeluang menjadi tujuan para peneliti dan investor berhubung hutan ini sangat alami dan berada di sekitar Ibu Kota Riau, Pekanbaru. Potensi Flora di TAHURA SSK tergolong cukup tinggi, yakni terdapat sebanyak 135 spesies (52 famili).

Tidak itu saja, kelompok tumbuhan berguna terbanyak adalah dari tumbuhan obat (44 spesies), diikuti dengan tumbuhan penghasil bahan bangunan (40 spesies), serta tumbuhan penghasil bahan pangan (26 spesies), kemudian tumbuhan aromatik (3 spesies), penghasil pakan ternak (3 spesies), penghasil pestisida nabati (2 spesies), penghasil bahan pewarna dan tannin (5 spesies), penghasil bahan tali, anyaman, dan kerajinan (5 spesies), penghasil kayu bakar (4 spesies), penggunaan lain (20 spesies), dan untuk keperluan upacara adat (1 spesies).

Begitu juga potensi fauna (hewan) cukup besar. Sedikitnya dapat dijumpai 42 jenis burung, 4 jenis reptilia dan 16 jenis mamalia. Di antara 42 jenis burung terdapat satu jenis burung yang hanya ada di Sumatera yaitu burung Serindit Melayu (Loriculus galgulus), sedangkan jenis burung lain yang dapat dijumpai diantaranya jenis burung Elang (Halicetus sp), Enggang (Buceros rhinoceros), Beo (Gracul refiigiosa) dan lainnya.

Jenis-jenis reptilia antara lain: Ular (Sanca sp), Biawak (Salvator sp), Tokek (Gekkonidae), dan Bunglon Terbang (Draco Sp). Adapun mamalia langka yang dilindungi antara lain: Gajah Sumatera (Elephas Maximus Suma-trensis), Harimau Loreng Sumatera (Panthera Tigris Sumatrensis), Tapir (Tapirus indicus), Babi Hutan (Sus scrofa), Ungko Hylobates agifis), Beruk (Macaca nemestrina), Siamang (Symphalangus syndactylus), Beruang Madu (Helarctos malaya-nus), Kijang (Mun-tiacus muntjak), Landak (Hystrix brachyura) dll.

Selain itu, Tahura SSK telah memiliki berbagai fasilitas. Misalnya guest house dengan tujuh kamar, pusat informasi, pendopo, gazebo, musola, areal tempat bermain anak, lapangan luas dan bumi perkemahan.

”Fasilitas jalan menuju bumi perkemahan Pramuka akan dimanjakan dengan pemandangan yang asri indah ada juga Pusat Latihan Gajah dan Danau Cinta atau Love Lake,” ungkap Zailani. (rilis)

Editor : Adri Akbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here