Kemeriahan Cap Go Meh, dari Barongsai Hingga Pesta Kembang Api

0

PEKANBARU, KANALRIAU.COM — Perayaan Cap Co Meh atau hari terakhir Tahun Baru Imlek 2571/2020 yang dipusatkan di Kampung Tionghoa Melayu (KTM) Pekanbaru berlangsung meriah.

Perayaan yang di berlangsung di sepanjang Jalan Karet/Dr Leimena, Jalan Karet, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, Sabtu (8/2/2020) malam. Sejumlah pertunjukan seni dan budaya, bernuansa oriental seperti atraksi Barongsai dan tarian nusantara mewakili suku yang hidup rukun berdampingan di Provinsi Riau disuguhkan pada malam itu.

Puncaknya ketika panitia melepas ratusan kembang api ke udara menambah suasana romantisme malam Cap Go Meh. Kebanyakan pengunjung dan umat yang merayakan Cap Go Meh adalah kalangan generasi muda.

Karena tradisi perayaan Cap Go Meh di daratan Tiongkok juga merupakan hari muda-mudi cari jodoh. Betapa tidak, zaman dulu anak perempuan tidak boleh keluar rumah, kecuali hanya saat perayaan Cap Go Meh baru diizinkan boleh bertemu dengan remaja pria untuk saling mengenal.

Terlepas soal itu, Ketua Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Melayu Riau, Datuk Seri Al Azhar mengajak warga Pekanbaru untuk menghormati ritual Cap Go Meh.”Ini merupakan ekspresi kebudayaan Tionghoa yang mesti dihormati. Dalam konteks budaya, kegiatan ini cermin keberagaman suku atau etnis yang ada,” tuturnya.

Di kesempatan itu juga diumumkan dan diberikan hadiah bagi pemenang lomba mengarang, baca puisi, pidato, serta karaoke musik berbahasa Mandarin.

Terlepas soal itu, seperti perayaan tahun tahun sebelumnya, panitia tetap menyiapkan bidangan santapan malam untuk pengunjung. Menu yang disuguhkan semuanya berasal dari bahan vegetarian, sehingga dijamin kehalalannya.

“Ada 5 varian makanan seperti lontong Cap Go Meh, mie goreng, miso, sate padang dan e-mie yang seluruhnya merupakan vegetarian,” kata Aniruddha Tan, salah seorang panitia Imlek Bersama bidang konsumsi.

Reporter : Deni Baswir
Editor : Adri Akbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here