Tiga Pemburu Harimau Sumatera Dibekuk

0

PEKANBARU, KANALRIAU.COM — Tiga pelaku pemburuan satwa dilindungi, yakni Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) dibekuk aparat kepolisian bekerjasama dengan Gakkum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Wilayah II Sumatera.

Kepala Balai Penegakan Hukum Wilayah II Sumatera Eduwar Hutapea kepada wartawan, Sabtu (7/12/2019) malam, menjelaskan para tersangka berikut barang bukti empat ekor janin dan kulit Harimau Sumatera sudah diamankan di kantornya.

Eduwar menjelaskan, penangkapan tersebut merupakan hasil penyelidikan mendalam terkait informasi perburuan harimau Sumatera di wilayah Kabupaten Pelalawan. Informasi yang diperoleh dari masyarakat itu kemudian ditindaklanjuti KLHK yang bersinergi dengan Polri melalui pengumpulan informasi dan pemetaan.

Hasilnya, sekira pukul 06.00 WIB, petugas bergerak ke Desa Teluk Binjai, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan. Di lokasi tersebut, petugas menangkap tiga tersangka, dua di antaranya adalah pasangan suami istri MY dan E, serta seorang warga berinisial SS.

“Empat janin bayi itu ditemukan dari tiga pelaku tersebut,” terangnya.

Ketiga pelaku ini dijerat Pasal 40 Ayat 2 jo Pasal 21 Ayat 2 Huruf d Undang ndang Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dengan ancaan hukuman penjara paling lama 5 tahun dan denda Rp100 juta. *

Liputan : Deni Baswir
Editor : Adri Akbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here