Niat Utang Rp4,4 Triliun, Gubernur Riau Diprotes Mahasiswa

0
12

PEKANBARU, KANALRIAU.COM — Niat Gubernur Riau Syamsuar yang akan berutang ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), salah satu anak perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) senilai Rp4,4 triliun mendapat protes dari mahasiswa.

Kamis (7/11/2019) sore, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Riau (UR) melakukan aksi demonstrasi damai di bundaran Tugu Zapin Pekanbaru.

Presiden Mahasiswa (Presma) UR Syafrul Ardi dalam orasinya, meminta Gubernur Riau mengurungkan rencana berutang dengan BUMN. Karena tindakan ini memalukan. Berutang untuk membangun infrastruktur, padahal selama ini Riau dikenal sebagai negeri penghasil devisa terbesar bagi Negeri.

”Orang tahu Riau itu kaya. Tapi koq malah berutang,” tukasnya.

Yang menjadi ironis, imbuhnya, utang tersebut hanya untuk membangun infrastruktur yang rawan terhadap korupsinya. 

Syafrul menambahkan, rencana berutang ke PT SMI ini sudah pun ditolak DPRD Riau. Namun tampaknya, Gubernur Riau akan melakukan lobi lobi agar rencana itu disetujui.

Salah seorang orator aksi, Abdul Hamid mempertanyakan kinerja mantan Bupati Siak ini. Katanya, belum tampak prestasi atau kinerja yang berpihak kepada rakyat.

Bahkan, mirisnya, ketika jutaan masyarakat Riau terpapar bencana kabut asap, Gubenur Riau Syamsuar malah berada di luar negeri, Thailand.

Di samping melakukan orasi secara bergantian, para pengunjukrasa juga membentang spanduk ukuran besar yang mengecam tindakan Gubernur Riau yang akan berutang Rp4,4 triliun kepada BUMN, serta membagi-bagikan stiker “Tolak Riau Berhutang” kepada pengendara yang melintas di pertigaan Jalan Jenderal Sudirman-Gajah Mada, Pekanbaru.

Aksi demonstasi aktivis BEM UR ini mendapat kawalan dari aparat kepolisian. *

Reporter : Deni Baswir
Editor : Adri Akbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here