DBH Migas Riau Kembali Turun

0
10

PEKANBARU, KANALRIAU.COM — Dana Bagi Hasil dari sektor Minyak bumi dan Gas (DBH Migas) untuk Provinsi Riau tahun ini mengalami penurunan sebesar 30 persen. Artinya yang diterima Riau nanti hanya sekira Rp2,6 triliun.

Penurunan alokasi DBH yang signifikan tersebut di antaranya disebabkan adanya kebijakan pengendalian alokasi dari pemerintah pusat. Dampaknya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) harus putar otak mencari sumber pendapatan lain. Apalagi, selain DBH turun DIPA dari pemerintah pusat juga turun.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan pihaknya harus mencari sumber lain untuk menutupi penurunan DBH yang cukup signifikan itu. Dikatakan, kondisi ini terjadi tidak hanya Riau.Berdasarkan laporan Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Riau, provinsi penghasil migas juga mengalami hal sama penurunan DBH.

“Kami akan mencari sumber lain untuk mengatasi defisit, baik dari penerimaan pajak maupun dari penerimaan lainnya,” katanya.

Menurut gubernur, di samping DBH mengalami penurunan dana tranfer Dana Alokasi Umum sebesar 5.4 persen dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik naik 10,4 persen. Dana Insentif Daerah naik juga naik,” kata Syamsuar lagi. *

Liputan : Deni Baswir
Editor : Adri Akbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here