Dua Jam Kapolda Riau Bercengkrama dengan Murid Murid SD Pedalaman

0

KAMPAR, KANALRIAU.COM — Lebih dari 2 (dua) jam Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi bercengkrama dengan murid murid SD Negeri 010 Dusun Sialang Harapan Desa Batu Sasak, Kecamatan Kampar Kiri Hulu.

SD Negeri ini berada di pedalaman wilayah Kabupaten Kampar. Untuk mengakses lokasi sangat sulit karena berada di kawasan berbukitan yang di memiliki tebing tebing yang curam.

SD Negeri 010 Dusun Sialang ini mendadak viral setelah ada positangan netizen yang memuat foto foto Bripka Rolan Manurung di sejumlah media sosial (medsos). Rolan, sang polisi ini rela membelanjakan uangnya dan juga menjual perhiasan emas milik istrinya demi membangun ruang belajar bagi murid murid SD 010 Dusun SIlang Harapan.

Ketulusan dan keikhlasan anggota Polres Kampar ini lah yang menggerakkan hati dan fisik Kapolda Riau untuk berkunjung ke sekolah terisolir itu. Untuk bisa ke sekolah itu mesti menggunakan transporasi darat, mobil, lalu sampan dan dilanjutkan lagi berjalan kaki puluhan kilo. Dusun Sialang Harpan, Desa Batu berada di kawasan perbukitan. Posisinya berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat.

Karena jadwalnya yang padat, Kapolda Riau sendiri mengunjungi SD di dusun pedalaman itu menggunakan pesawat helikopter.Orang nomor satu di Kepoliisian Daerah Riau ini didmapingi Kabid Humas Kombes Pol Sunarto dan beberapa orang wartawan dari Pekanbaru.

PUISI : Kapolda Riau mendengarkan puisi yang disampaikan murid SD 010 Dusun Sialang Harapan, Kabupaten Kampar.

Kapolda Riau dan rombongan mendarat dengan selamat Kamis (31/10/2019) siang di Lapangan Sepakbola Desa Batu Sasak. Dari lokasi helipad ini, Kapolda Riau langsung disambut Kapolres Kampar AKBP Asep Darmawan dan beberapa perangkat pemerintah kecamatan setempat. Kapolres sendiri duluan sampai karena bermalam dulu di dusun ini.

Dari sini Kapolda, Kapolres dan rombongan berjalan kaki yang memakan waktu lebih dari 30 menit. Mereka melewati jalanan tanah yang di sisi kanan kiri merupakan tebing terjal.

Setibanya di SD 010 Desa Batu Sasak ini, Kapolda disambut murid-murid dan guru serta masyarakat setempat. Anak anak murid dan warga sempat terharu dan gembira menyambut kedatangan Kapolda Riau.

Rasa haru bercampur bahagia juga terpancar dari raut wajah Bripka Rolan Munurung. Rolan yang juga menyambi mengajar anak anak sekolah itu tak menyangka bakal dikunjungi Komandan-nya.

Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya memuji apa yang sudah dirintis Bripka Ralon Manurung. Menurut Agung, apa yang dilakukan Bipka rolan merupakan sesuatu yang natural yang dilandasi keikhlasan.

”Semoga hal ini menginspirasi banyak orang untuk peduli terhadap dunia pendidikan. Agar bangsa Indonesia semakin maju,” tuturnya.

Kapolda juga menyempatkan waktu untuk mengajarkan matematika kepada murid SD 010 Batu Sasak ini dan juga mendengarkan puisi yang dibacakan salah satu murid sekolah ini. Anak-anak ini tampak sangat bahagia bertemu Kapolda Riau.

Bahkan di antara murid murid SD itu secara lugu mengungkapkan kalau besar nanti dia ingin menjadi polisi. Karena polisi, seperti Pak Rolan mau menolong orang banyak.

Tanpa terasa dua jam Kapolda Riau bercengkrama dengan murid dan guru di sekolah pedalalaman Kabupaten Kampar ini. Suasana haru bercampur sedih mengiringi Kapolda dan rombongan kembali lagi ke Pekanbaru. *

Liputan : Deni Baswir
Editor : Aldri Akbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here