Datuk Suku Sakai Dorong Derhana Erawati Maju di Pilbup Bengkalis

0
184

DURI, KANALRIAU.COM — Beberapa tetua atau Datuk Suku Sakai yang berada di Kabupaten Bengkalis mendorong Derhana Erawati Nasution untuk bertarung di Pemilihan Bupati (Pilbup) pada 2020 nanti melalui jalur perorangan atau independen.

Datuk Suku Sakai ini memilih sosok wanita yang akrab disapa Ibu Ira ini karena dinilai memiliki komitmen untuk dapat memperjuangkan hak hak Ulayat dan pembangunan sumberdaya suku Sakai di Kabupaten Bengkalis.

Beberapa Datuk Suku Sakai yang mendukung Ira maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bengkalis, yakni Datuk Ahmad sebagai Ketua Persukuan Sakai.

”Kami mendukung ibu Ira, untuk memimpin Bengkalis kedepan, mengingat Derhana Erawati Nasution berkomitmen untuk membantu dan memperjuangkan Suku Sakai yang selama ini kurang diperhatikan oleh pemerintah,” tuturnya.

Di samping Datuk Ahmad, tetua Suku Sakai yang memberikan restu untuk Ira maju sebagai Kandidat Kepala Daerah Negeri Junjungan ini, yakni Datuk Puyan dari Bathin Solapan dan Mardi dari Sutan Batuah.

Ditambahkan mereka, Suku Sakai sebagai suku asli Riau miskin di Negeri sendiri yang konon kata orang kaya akan sumber daya alam. ”Kami meminta pemerintah harus selalu hadir dalam setiap pembangunan sumberdaya kami. Supaya suku kami dapat terbilang di negeri kami sendiri,” tegasnya.

Dukungan Datuk persukuan Sakai disambut baik oleh Derhana Irawati Nasution. Ia secara tegas menyatakan siap mengemban amanah dan dorongan para Datuk untuk maju di Pilbup Bengkalis.

FOTO BERSAMA : Derhana Erawati Nasution, bakal calon Bupati Bengkalis berpose besama dengan tokoh adat Suku Sakai. Wanita yang akrab disapa Ira ini menyatakan maju melalui jalur perorangan atau independen.

”Kami sudah memulai dengan pengumpulan dukungan melalui KTP dan surat dukungan. Kini sudah mencapai 5000 KTP. Pada saat ini, artinya animo masyarakat cukup tinggi,” ucapnya.

Menurut Ira, dalam waktu dekat ini dirinya akan membuat acara deklarasi bersama. Sebagai kandidat Wakil Bupati tentunya berasal dari tokoh masyarakat Sakai. Namun saat ini dirinya masih menyimpan nama calon yang akan mendampingi nanti di Pilkada Bengkalis.

”Kita akan memperjuangkan saudara saudara kita suku Sakai yang selama. Ini luput dari perhatian pemerintah dimana sebagian besar kehidupan anak anak kurang beruntung. Padahal Ulayat mereka digunakan oleh berbagai perusahaan besar, semisal PT Cevron dan perkebunan besar lainnya,” tukasnya.

Derhana Erawati Nasution mengatakan, meski punada pembangunan tetapi ini tidak membuat kehidupan mereka berubah secara signifikan. Padahal ada program kepedulian sosial perusahaan yang dikenal dengan istilah CR (Corporate Responsibility), pola mitra dan lain lain.

Ke depannya, Ira berjanji akan berjuang mengangkat tatanan hidup dan sejehteraan masyarakat Sakai. Suku Sakai dapat hidup bersinergi dengan berbagai suku yang ada di Bengkalis, seperti Suku Melayu, Batak, Minang, Jawa dan suku suku lainya.

”Kita akan usahakan ada anggaran khusus untuk mengangkat sumber daya Suku Sakai sebagai suku asli di Riau,” ucap Ira mengahiri pembicaraan. *

Liputan : Deni Baswir
Editor : Adri Akbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here