Buruh Riau Desak Pemerintah Cabut Rencana Tarif Baru BPJS Kesehatan

0
26

PEKANBARU, KANALRIAU.COM — Sedikitnya 500-an pengunjukrasa yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Koordinator Wilayah (Korwil) Riau melakukan aksi damai di depan gerbang masuk kantor gubernur, Senin (7/10/2019).

Meski sempat memenuhi satu ruas Jalan Jenderal Sudirman, namun tidak sampai memacetkan arus lalu lintas.

Dalam orasinya, Ketua Korwil KSBSI Provinsi Riau Juandy Hutauruk meminta Gubernur Riau Syamsuar selaku perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah, untuk menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membatalkan rencana kenaikan BPJS Kesehatan. Sebab, kenaikan iuran BPJS Kesehatan yang mencapai 100 persen sangat memberatkan.

”Sedangkan iuran dengan tarif yang lama saja sudah memberatkan. Apalagi mau dinaikan dua kali lipat atau 100 persen,” tegasnya.

Dikatakan, sebelumnya mereka sudah menyampaikan aspirasi serupa kepada pimpinan BPJS Kesehatan Pekanbaru. Mereka menyarankan para buruh juga menyampaikan kepada Gubernur Riau.

”Oleh sebab itu, izinkan kami, sekira paling banyak 15 orang untuk bertemu dengan gubernur atau wakil gubernur untuk menyampaikan tuntutan kami,” tuturnya.

Permintaan itu pun dikabulkan. Sambil menunggu perwakilan buruh berdialog, massa pengunjukrasa menunggu di dalam pekarangan kantor Gubernur Riau. Sebagian lagi menyempatkan diri untuk menunaikan ibadah Salat Dzuhur. *

Liputan : Deni Baswir
Editor : Adri Akbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here