Tarif Sekolah Picu Inflasi di Riau

0

PEKANBARU, KANALRIAU.COM — Tarif atau biaya masuk sekolah di Provinsi Riau komoditas utama yang memberikan andil inflasi terbesar pada Agustus 2019. Selama Agustus ini, Provinsi Riau mengalami inflasi sebesar 0,22 persen.

Inflasi ini terjadi karena adanya kenaikan indeks harga konsumen (IHK) yang cukup signifikan pada kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga, yakni sebesar 1,38 persen dengan andil inflasi sebesar 0,10 persen.

”Komoditas utama yang memberikan andil inflasi terbesar pada kelompok ini adalah tarif sekolah dasar, tarif sekolah menengah pertama, tarif sekolah menengah atas dan tarif bimbingan belajar,” kata Misfaruddin, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau dalam ekspose bulalan di kantornya, Senin (2/9/2019).

Selain komoditas utama tadi, imbuhnya, inflasi terjadi pada kelompok sandang yakni sebesar 0,94 persen atau terjadi kenaikan indeks harga dari 120,90 pada Juli 2019 menjadi 122,04 pada Agustus 2019.

Dari empat subkelompok dalam kelompok ini, tiga subkelompok mengalami inflasi, dimana inflasi tertinggi terjadi pada subkelompok barang pribadi dan sandang lain sebesar 3,83 persen, diikuti subkelompok sandang wanita sebesar 0,20 persen dan subkelompok sandang anak-anak sebesar 0,18 persen.

”Inflasi terjadi pada kelompok sandang yakni sebesar 0,94 persen dengan andil sebesar 0,05 persen,” bebernya.

Ditambahkan Misfaruddin, kelompok bahan makanan mengalami inflasi sebesar 0,48 persen dengan andil sebesar 0,12 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar mengalami inflasi sebesar 0,15 persen dengan andil sebesar 0,03 persen, kelompok kesehatan mengalami inflasi sebesar 0,13 persen dengan andil sebesar 0,01 persen dan kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,02 persen dengan andil sebesar 0,004 persen.

Kepala BPS Riau menjelaskan, tingkat inflasi ini dihitung dari IHK pada enam kelompok pengeluaran di (tiga) kota di Riau, yakni Pekanbaru, Dumai dan Kota Tembilahan.*

Liputan : Deni Baswir
Editor : Adri Akbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here