Kabupaten/Kota di Riau Tutup Rapat Informasi Tata Kelola Hutan

0

PEKANBARU, KANALRIAU — Sebanyak 8 (delapan) pemerintah kabupaten dan kota di Riau menutup rapat dokumen dan informasi tentang Tata Kelola Hutan dan Lahan.

Penilaian itu diungkapkan Triono Hadi, Koordinator Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Riau kepada KANALRIAU.COM, Selasa (24/9/2019). Sikap ini, tegasnya, sangat bertentangan dengan keputusan Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau.

”Ada 8 daerah yang mendapat nilai 0 terkait keterbukaan informasi hutan dan lahan ini. Mereka adalah Pekanbaru, Indragiri Hilir, Rokah Hulu, Rokan Hilir, Kepulauan Meranti, Kuantan Singingi, Pelalawan dan Kampar,” bebernya.

Sementara Indragiri Hulu, Siak, Bengkalis dan Dumai, kata Triono, mendapatkan nilai yang masih relatif rendah. Tidak ada satupun daerah di RIau yang masuk dalam kategori terbuka pada aspek keterbukaan informasi hutan dan lahan.

Padahal, imbuhnya, keterbukaan informasi terkait dengan tata kelola hutan dan lahan di Riau ini sangat penting untuk dilakukan, mengingat merupakan daerah yang memiliki sumber daya alam yang banyak baik di bidang hutan.

”Informasi yang penting untuk dibuka adalah soal perizinan. Karena banyak perusahaan pengelola sumber daya alam diduga tidak memiliki izin. Padahal ini penting dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan,” pungkas Triono Hadi. *

Liputan : Deni Baswir
Editor : Adri Akbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here