Jikalahari: Ada Pengiringan Opini Bahwa Asap Riau Belum Parah

0

PEKANBARU, KANALRIAU.COM — Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau (Jikalahari) menduga ada upaya masih yang dilakukan pihak pihak elite negei ini yang mengiring opini bahwa bencana kabut asap di Riau belum parah.

Dugaan ini dikemukakan Deputi Koordinator Jikalahari Okto Yugo, dalam diskusi dan jumpa pers, sore tadi di kantornya. Menurut dia, pengiringan opini publik ini tampak setelah kunjungan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Widodo) ke Riau, untuk memimpin rapat terbatas serta meninjau lokasih kebakaran lahan dan hutan (Karlahut).

Diawali pernyataan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto yang mengatakan, kabut asap yang terjadi di Riau belum separah seperti yang diberitakan media massa.

”Pak Wiranto katanya ikut mendampingi Presiden Jokowi ke Riau, jadi mungkin hanya beberapa jam saja di lokasi Karlahut. Cobalah bertahan agak 3 hari baru dirasakan dampaknya,” ucap Okto lagi.

Belum habis statement Wiranto, datang lagi klaim dari Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Mabes Polri Irjen Pol M Iqbal yang menegaskan, kabut asap sudah “clear” adan langit Riau membiru.

Pernyataan kedua pejabat ini tentu mengiris hari masyarakat Riau. Ini juga bertolak belakang dengan kondisi Indek Standar Pencemaran Udara (ISPU) yang sudah mencapai level “Berbahaya”.

Belum lagi, indikasi bahwa dunia pendidikan kembali diliburkan untuk batas waktu yang belum ditentutkan akibat kualitas udara, dampak dari Karlahut. *

Liputan : Deni Baswir
Editor :Adri Akbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here