Gerak Cepat Respon Bencana Asap: DPRD Riau Dirikan Posko Pengungsian Sementara

0
27

PEKANBARU, KANALRIAU.COM — Pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Riau mendirikan Posko Pengungsian Sementara untuk warga yang terkna dampak dari bencana kabut asap.

Fasilatas ini ssatu dari tindakan cepat yang diinisiasi lembaga legislator daerah ini. Posko sementara itu berada di areal Gedung DPRD Riau, Jalan Sudirman, Kota Pekanbaru.

“Sebelum posko ini berdiri, kami sudah mengambil sejumlah tindakan menanggapi kondisi kabut asap. Di antaranya menyurati secara langsung Gubernur Riau agar pemerintah daerah cepat menindak kebakaran hutan dan lahan,” kata Zukri Misran, Pimpinan Sementara DPRD Riau kepada sejumlah wartawan, baru baru ini.

Persiapan pendirian posko tersebut, imbuhnya, telah dimulai sejak awal kondisi kabut asap tidak terlalu tebal. Ketika itu kondisi pencemaran udara cukup dikeluhkan masyarakat. Tidak sedikit warga yang mengeluhkan gejala inspeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Di Posko Pengungsian Sementara itu, tutur politikus PDI Perjuangan ini, DPRD dibantu tenaga medis oleh IDI Wilayah Riau menyediakan berbagai fasilitas kesehatan. Seperti dokter yang standbydi lokasi, oksigen, vitamin dan suplemen, masker N95, tempat menginap kedap asap, ruang perawatan sementara hingga obat-obatan. Bahkan tidak sedikit warga yang memilih untuk tinggal sementara di ruangan kedap asap yang disediakan.

“Alhamdulillahmasyarakat yang datang ke posko cukup merasa senang. Karena disamping kedap asap, berbagai fasilitas kesehatan kita sediakan. Termasuk psikiater anak bagi ibu yang membawa serta anaknya mengungsi,” kata Zukri.

Tidak hanya mendirikan Posko Pengungsi Sementara, tambahnya, DPRD Riau juga meminta pemprov mendirikan posko darurat asap di sejumlah titik strategis.

Di kesempatan sama, Ketua Fraksi Demokrat DPRD Riau Agung Nugroho mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang turut membantu pendirian posko evakuasi sementara korban asap.

Politikus muda Partai Demokrat ini juga merasa senang karena bisa memafasilitasi masyarakat yang terkena penyakit akibat dampak asap.”Karena memang itulah kewajiban kami selaku wakil rakyat, untuk selalu ada bersama rakyat,” ucapnya.

Menurut Agung, selama posko tersebut berdiri, dia juga turut serta menemani masyarakat yang menginap di posko. Hal itu ia lakukan sebagai dedikasi kepada warga yang telah mengamanahkan dirinya sebagai Anggota DPRD.

“Karena memang saya ini perwakilan masyarakat. Maka dari itu apapun penderitaan yang dirasakan masyarakat, kami akan selalu hadir untuk memberikan solusi yang konkrit,” tegas Ketua DPC Demokrat Pekanbaru itu. *

Liputan : Deni Baswir
Editor : Adri Akbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here