Tak Bisa Atasi Karhutla, HMI Sebut Gubernur “Impoten”

0
66

PEKANBARU, KANALRIAU.COM – Gubenur Riau Syamsuar disebut ”impoten” karena tak bisa mengatasi bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Bumi Lancang Kuning.

Hal itu diungkapkan massa HMI MPO Cabang Pekanbaru dalam aksi demonstrasi di gerbang pintu masuk kantor Gubernur, Kamis (8/8/2019) sore. Bahkan, kecaman ”impoten” itu mereka ukir dalam sebuah spanduk yang kemudian dipasang di tembok nama kantor gubernur.

BENTANGKAN SPANDUK : Pendemo membentangkan spanduk Gubri “Impoten” Karhutla, Kamis (8/8/2019).

Dalam orasinya, Koordinator Lapangan (Korlap) HMI MPO Cabang Pekanbaru Randa Achmad, menegaskan, baru saja beberapa tahun terakhir masyarakat Riau terbebas dari kabut asap yang ditimbulkan dari Karhutla, kini peristiwa itu kembali terulang kembali.

“Di masa kepemimpinan Gubernur Riau Syamsuar, musibah kabut asap kembali menyelimuti daerah ini. Makanya izinkan kami untuk menjumpai Pak Gubernur. Kami akan menyampaikan langsung aspirasi kami ini,” tutur salah seorang orator.

Sayangnya, keinginan massa demonstran untuk menjumpai orang nomor satu di Bumi Lancang Kuning ini, tidak kesampaian, karena Syamsuar memang tidak ada di kantornya.

Karena tidak percaya, Gubernur Syamsuar tidak ada di tempat, massa demonstran lalu mendorong dorong pagar besi tersebut. Aksi ini mendapat blokade dari petugas Satpol PP Riau.

Dalam orasinya, massa HMI MPO Cabang Pekanbaru mendesak Gubernur Riau untuk segera menyelesaikan Karhutla, mencabut izin perusahaan yang terbukti melakukan pembakaran lahan, serta mereboisasi hutan Riau.

”Jika tak sanggup, kami minta gubernur untuk mundur dari jabatannya,” tukasnya. ***

Laporan : Deni Baswir

Editor : Adri Akbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here