Polsek Tambang Serahkan Tersangka Pembakaran Lahan ke Kejaksaan

0

BANGKINANG, KANALRIAU.COM –Tim penyidik Polsek Tambang telah menyerahkan seorang tersangka kasus pembakaran lahan, ke pihak Penuntut Umum Kejaksaan Negeri (Kejari) Kampar.

Proses penyerahan tersangka dan barang bukti tersebut atau dikenal Tahap II karena berkas perkaranya dan telah lengkap dinyatakan P21 oleh pihak Kejaksaan Negeri Kampar, Rabu (14/8/2019) lalu.

Tersangka yang diserahkan berinisial Hus, warga Dusun I Pulau Desa Parit Baru Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa yang bersangkutan kedapatan oleh petugas melakukan pembakaran lahan di Jalan PT. ON Desa Parit Baru Kecamatan Tambang, Kamis (11/7/2019) sekira pukul 14.00 WIB.

Atas perbuatannya melakukan pembakaran lahan itu, tersangka Hus dijeratnya dengan Pasal 187 junto Pasal 188 KUH Pidana dengan ancaman hukuman penjara di atas 6 tahun.

Kapolsek Tambang Iptu Jurfredi SH saat dikonfirmasi membenarkan bahwa pihaknya telah menyerahkan tersangka Karhutla ini ke Penuntut Umum di Kejaksaan Negeri Kampar pekan lalu.

Pada kesempatan ini Kapolsek Tambang ini juga menghimbau masyarakat agar tidak lagi melakukan pembakaran pada saat membuka atau membersihkan lahan, karena selain berdampak luas terhadap lingkungan dan pencemaran udara, perbuatan ini juga diancam dengan pidana yang cukup berat.

Lebih lanjut Jurfredi menyatakan jadikan hal ini sebagai pembelajaran bagi siapapun, agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan yang dapat menimbulkan masalah serius. **

Liputan : Deni Baswir.
Editor : Adri Akbar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here