Diiringi Kompang, Walhi Desak Polda Riau Tuntaskan Kasus Karhutla

0
23

PEKANBARU, kANALRIAU.COM — Dengan permainan alat musik tradisional Kompang, massa dari aktivis lingkungah Walhi wilayah Riau serta perwakilan masyarakat dari Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti, Siak, Kuantan Singingi dan Indragiri Hilir, Rabu (21/8/2019) siang, mendatangi Markas Polda.

Mereka menuntut pihak penyidik Polda Riau menuntaskan penegakan hukum kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Bumi Lancang Kuning ini.

Aksi ini menarik perhatian warga yang melintasi Jalan Jenderal Sudirman, seputaran gedung kantor Gubenur, pertigaan Tugu Zapin hingga ke Markas Polda Riau. Pasalnya, para demostran selain membawa atribut alat musik khas daerah juga mengenakan pakaian adat Melayu Riau.

Koordinator Aksi, Ahlul Fadli dalam orasinya menegaskan, pihaknya mendorong Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo untuk segera menuntaskan penyelesaian perkara Karhutla, termasuk satu korporasi yang ditetapkan tersangka.

”Kita datang bersama masyarakat, mewakili korban asap akibat pembakaran hutan dan lahan oleh perusahaan. Tujuannya tidak lain meminta komitmen dalam penyelesaian kasus karhutla hingga tuntas,” tukasnya.

Selain penegak hukum, aksi ini juga meminta pemerintah daerah segera melakukan audit perizinan bagi perusahaan yang terbukti melakukan tindak pidana lingkungan.

Walhi meniilai kedatangan Kapolri Jendral Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan SIti Nurbaya ke Riau beberapa waktu lalu tidak membawa pengaruh terhadap jajaran di lapangan untuk menuntaskan perkara Karhutla.**

Laporan : Deni Baswir.
Editor : Adri Akbar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here