31 Kasus Karhutla Diusut Polda Riau

0
12

PEKANBARU, KANALRIAU.COM — Sebanyak 31 kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dii Riau sedang diusut penyidik Polda Riau, tahun ini.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto kepada wartawan, Rabu (14/8/2019), menjelaskan dari penanganan kasus Karhutla itu terungkap luas lahan dan hutan yang terbakar mencapai 373,155 hektare.

Dari 31 kasus yang ditangani Polda Riau, satu di antaranya dengan tersangka korporasi, yaitu PT Sumber Sawit Sejahtera (SSS).

Untuk perkara yang menjerat pelaku perorangan, kata Kabid Humas Polda Riau, ditangani sejumlah Polres dimana lokasi kebakaran lahan terjadi. Rinciannya, satu kasus ditangani Polres Indragiri Hilir (Inhil), dengan luas lahan terbakar mencapai 40 hektare.

Yang ditangani Polres Pelalawan sebanyak 2 (dua) perkara karhutla, dengan luas terbakar 35,9 hektare, dan 3 kasus yang ditangani Polres Rokan Hilir (Rohil) dengan luas lahan terbakar 7,05 hektare.

Polres Bengkalis menangani 5 kasus kebakaran lahan seluas 110,75 hektare. Polres Siak sendiri menyidik 2 perkara yang menyebabkan 3,5 hektare lahan terbakar. Berikutnya, Polres Dumai yang menangani 5 kasus karhutla dengan luas lahan terbakar adalah 12,5 hektare.

Dua kasus yang menyebabkan terbakarnya 3,2 hektare lahan telah dilimpahkan Polres Kepulauan Meranti. Sementara Polres Kampar menyidik satu perkara terbakar lahan seluas 2 hektare.

Sementara jajaran Polres Kuantan Singingi (Kuansing) juga menyidik 3 (tiga) kasus dengan luas lahan terbakar mencapai 2 hektare. DI Polresta Pekanbaru sendiri juga mengangani 2 kasus Karlahut dengan areal yang terbakar mencapaii 1,25 hektare.

Dalam kasus dugaan pembakaran lahan dengan tersangka dari korporasi, Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) telah dikirim kepada Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau. **

Liputan : Deni Baswir
Editor : Adri Akbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here