3 SSK Personil Brimobda Riau Di-”BKO”-kan ke Papua

0

PEKANBARU, KANALRIAU.COM — Sebanyak 3 Satuan Setingkat Kompi (SSK) atau 300 personel Brimob Daerah (Brimobda) Riau ditugaskan atau dikenal dengan distilah Bawah Kendali Operasi (BKO) ke Polda Papua.

Tugas ini menyusul meningkatkan kerawanan terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di daerah berjuluk Negeri Cenderawasih itu.

Apel pelepasan BKO Papua ini dipimpin lansung Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo di depan Terminal Cargo Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Sabtu (31/8/2019) malam.

Sebelum bertolak ke Papua, Kapolda Riau memberikan amanat atau wejangan. Jenderal berbintang dua ini menyatakan BKO personil Brimob Polda Riau ini untuk memberikan bantuan pengaman terhadap kabtibmas di Papua.

Kata Kapolda, secepatnya menyesuaikan diri dengan lingkungan tugas masing masing, mengingat keberadaan para personil Brimob Polda Riau yang BKO Papua menjadi harapan semua pihak untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

”Senantiasa bertindak responsif dan memiliki militansi tinggi. Waspada dan siaga mengingat tingkat ancaman di daerah penugasan cukup tinggi,” katanya lagi.

Apalagi, imbuh Widodo, tidak tertutup kemungkinan bahwa aksi anarkis tersebut adanya provokasi dari kelompok kriminal bersenjata yang masih melakukan berbagai aksi propaganda guna menuntut kemerdekaan rakyat Papua.

Terlepas soal itu, suasana haru juga mengiringi prosesi pelepasan personil Brimobda Riau ke Papua. Terlihat beberapa menit menjelang para personil Brimob diberangkatkan ke Papua, istri, orangtua dan anak maupun kerabat mengantar tugas pengabdian bagi negara itu. Mereka saling berpelukan sambil meneteskan air mata.

Namun personil BKO Papua tetap memberikan semangat dan pengertian tentang tugas pengabdian mereka demi keutuhan NKRI. *

Liputan : Deni Baswir
Editor : Adri Akbar

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here