DPRD Buka Masa Sidang II, Selesaikan Reses Selama 8 Hari

0
22
Ketua DPRD Riau Septina Primawati (tengah) saat memimpin rapat paripurna pembukaan masa sidang II periode Mei – Agustus 2019 DPRD Riau. Foto : Humas DPRD Riau

PEKANBARU, KANALRIAU.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau menggelar sidang paripurna, Kamis (2/5/2019). Adapun agenda sidang yang diselenggarakan siang hari itu adalah penutupan masa sidang I periode Januari – April tahun anggaran 2019. Sekaligus pembukaan masa sidang II periode Mei – Agustus 2019. Sidang yang dipimpi Ketua DPRD Riau Septina Primawati juga dihadiri oleh Wakil  Gubernur Riau Edy Natar Nasution serta 33 anggota DPRD Riau lainnya.

Dalam kesempatan itu, Septina mengungkapkan selama masa sidang 1 anggota DPRD Provinsi Riau telah melaksanakan kegiatan reses yang dilaksanakan  selama 8 hari. Masa reses adalah masa kegiatan DPRD di luar kegiatan masa sidang dan dilaksanakan di luar gedung DPRD. Dimana pada masa itu, seluruh anggota DPRD Riau turun ke masyarakat dan menampung secara langsung aspirasi serta keluhan yang dialami warga.

“Aspirasi yang di jemput anggota dewan selama reses akan dilaporkan kepada pimpinan dewan yang akan meneruskan kepada Gubri sebagai bahan masukan untuk kegiatan Pembangunan di Riau. Hal itu telah terlaksana pada Reses masa sidang 1,” sebut Septina.

Suasana rapat paripurna pembukaan masa sidang II periode Mei – Agustus 2019 DPRD Riau.

Sebagaimana diatur dalam Pasal 77 Peraturan DPRD No. 1/2014 tentang tata tertib, masa reses ini dipergunakan oleh anggota DPRD secara perorangan atau kelompok untuk mengunjungi daerah pemilihannya guna menyerap aspirasi masyarakat. Dijelaskannya, selama masa sidang I periode Januari – Mei, sejumlah kegiatan  dan agenda sudah di laksanakan anggota dewan diantaranya rapat Banmus sebanyak dua kali, rapat Banggar belum ada, rapat konsultasi dewan sebanyak 19 kali, rapat komisi dewan 9 kali, rapat bidang kehumasan 6 kali, kunjungan kerja Badan Kehormatan (BK) ke luar Provinsi 6 kali , rapat tertutup 6 kali, kunjungan Banmus belum, kunjungan Banggar 2 kali , kunjungan kerja Badan pembentukan peraturan daerah ke luar provinsi 3 kali, kunjungan lapangan komisi keluar provinsi 42 kali serta produk dewan dalam bentuk keputusan dewan sebanyak empat keputusan.

Septina menambahkan, sebagaimana lazimnya dalam paripurna pembukaan masa sidang berikutnya akan di laporkan surat yang masuk ke lembaga legislatif DPRD Riau ke Sekretariat DPRD Riau. Dengan rincian surat masuk dari Gubri sebanyak tiga surat tentang Ranperda dan juga ada surat -surat yang masuk ke komisi – komisi di DPRD Riau total sekitar 82 surat yang masuk.

Menurut Septina dewan akan menindak lanjuti semua surat -surat masuk  itu selama kegiatan dalam masa sidang II periode Mei-Agustus 2019.”Surat yang masuk ke lembaga legislatif ini akan ditindak lanjuti selama mas sidang II,” sebutnya. Dengan telah di bacakan surat yang masuk itu, maka resmilah kegiatan anggota dewan masa sidang II tahun 2019 dimulai dan kegiatan anggota dewan sudah bisa di laksanakan sebagaimana biasa.

Septina berharap semua anggota dewan dapat melaksanakan tugas dan fungsinya kembali secara baik demi terwujudnya kemajuan pembangunan di provinsi Riau.”Mudahan kita semua kembali dapat melaksanakan tugas sebaiknya dalam ikut membangun Riau lebih baik lagi,” tuntas Politisi Golkar itu.(adv)

Penulis : Zulfiyanti

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here