Datangi Badan Penghubung, DPRD Tegaskan Agar Layani Warga Riau

0
Komisi I DPRD Riau berfoto bersama pegawai Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Riau di Jakarta. Foto : istimewa

PEKANBARU, KANALRIAU.COM – Komisi I DPRD Riau mendatangi Badan Penghubung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau di Jakarta. Dimana, instansi yang berada di Ibukota tersebut, merupakan sebuah badan yang khusus mewakilkan pemda di Ibukota Jakarta. Tidak hanya perwakilan, Badan Penghubung juga memiliki sejumlah fasilitas yang dibiayai pemda. Termasuk juga mengurusi mess milik pemprov dan anjungan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Maka dari itu Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau meminta agar Badan Penghubung bisa melayani masyarakat Riau yang berada di Ibukota. Seperti meminjam mess karena sedang menjalani perawatan intensif di Ibukota.

Permintaan itu disampaikan Wakil Ketua Komisi I DPRD Riau Taufik Arrakhman, Senin (8/4/2019). Dikatakan dia, memang untuk peminjaman fasilitas milik Pemprov di Jakarta suda diatur kedalam sebuah Peraturan Daerah (Perda). Termasuk besaran pungutan yang dibebankan kepada warga yang ingin menyewa fasilitas berupa gedung dan mess pemda.

“Tapi jika ada warga Riau yang benar-benar tidak mampu namun butuh penginapan untuk keperluan pengobatan misalnya, harus tetap diakomodir. Jangan sampai karena tidak bisa membayar sejumlah uang yang sudah ditetapkan kedalam Perda, kita telantarkan warga kita sendiri,” sebut Taufik.

Rombongan Anggota Komisi I DPRD Riau sampai di Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Riau di Jakarta. Foto : istimewa

Menurutnya, memang sejauh ini sudah banyak laporan dari masyarakat termasuk pihak media yang memberitakan persoalan Badan Penghubung di Jakarta. Sejumlah aduan tersebut diantanya adalah besaran pungutan sewa gedung dan mess yang dimiliki Pemda. Persoalan tersebut dikatakan Taufik juga sudah dibahas dewan. Bahkan beberapa waktu lalu pihaknya juga suda mendatangi langsung Badan Penghubung di Jakarta.

“Kemaren kan kami sempat datangi ke Jakarta. Kami minta di evaluasi sejumlah aduan dari masyarakat. Kami minta juga ditindak lanjuti dengan serius. Seperti yang saya sampaikan, kalau memang kebutuhan masyarakat sangat urgent tolong layani dengan baik,” ucap legislator asal Pekanbaru itu.

Untuk itu, dewan berharap agar seluruh persoalan yang dirasakan masyarakat Riau mengenai fasilitas yang dimiliki Pemprov di Ibukota agar menjadi catan khusus. Sehingga kedepan, tidak ada lagi keluhan masyarakat. Termasuk juga dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Jangan sampai, karena jauh dari pantauan, Badan Penghubung bekerja tidak profesional.

Komisi DPRD Riau saat melaksanakan rapat bersama pejabat dan pegawai Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Riau di Jakarta. Foto : Istimewa

Selain itu, Taufik berpesan bahwa Badan Penghubung sendiri merupakan wajah Provinsi Riau di Ibukota. Jadi pihaknyanya meminta agar menjaga dan merawat fasilitas yang ada. Termasuk gedung perkantoran. Sehingga fungsi yang dimiliki sebagai representasi Pemprov di Jakarta dapat terjaga.”soal aduan masyarakat semuanya sudah kami sampaikan pada saat berkunjung kesana. Nanti kami akan datang kembali untuk melihat hasil evaluasi dari pertemuan yang lalu,” tambahnya.(adv)

Penulis : Zulfiyanti

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here