Komisi IV DPRD Riau Hearing Bersama Dishub, Bahas Soal Kerusakan Jalan

0
102
Suasana hearing Komisi IV DPRD Riau bersama Dinas Perhubungan Provinsi baru-baru ini. Foto : Istimewa

PEKANBARU, KANALRIAU.COM – Kerusakan jalan di beberapa wilayah di Provinsi Riau masih menjadi masalah utama. Bagaimana tidak, selain menghambat mobilitas masyarakat kerusakan jalan juga dinilai berdampak terhadap ekomi. Maka dari itu Komisi IV DPRD Riau berjanji akan menseriusi masalah kerusakan jalan yang sampai saat ini masih terjadi.

Kesimpulan awal, dewan mendapati laporan kerusakan jalan akibat dari banyaknya truk pengangkut crude palm oil (CPO) yang diduga kelebihan muatan. Hal itu disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Riau Husni Thamrin kepada wartawan usai melaksanakan hearing dengan Dinas Perhubungan.

Kata dia, harusnya tidak ada lagi truk pengangkut CPO kelebihan muatan dibolehkan untuk melintas.”itu pertama hasil hearing bersama Dishub masih ada truk CPO yang kelebihan muatan melintas. Maka kami minta ini ditertibkan. Jangan ada lagi (yang melintas). Enggak mungkin kan anggaran habis untuk perbaikan jalan terus. Sedangkan kontribusi perusahaan sawit cukup minim,” sebut Husni, Rabu (6/3/2019).

Selanjutnya, Komisi IV berniat memanggil seluruh perusahaan sawit yang ada di Riau. Karena, masih dari informasi yang didapat dewan, banyak truk pengangkut CPO berpelat non-BM. Artinya pajak kendaraan yang dibayarkan masuk ke daerah lain. Sedangkan Provinsi Riau hanya menanggung akibat dari lalu lintas truk tersebut.

“Memang dari hasil turun ke lapangan pada saat reses sangat banyak warga mengadukan masalah ini. Terutama truk pengangkut CPO yang kelebihan muatan. Sedangkan platnya BK (Sumatera Utara, red). Jadi bayar pajaknya kesana, yang nanggung akibat Riau. Jalan rusak APBD kita yang biayai. Enak aja kan?” pungkasnya.(adv)


Penulis : Zulfiyanti

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here