Tim Jokowi Persilakan Kubu Prabowo Menghafal Materi Debat

0
46

Jakarta, CNN Indonesia — Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Johnny G Plate mempersilakan tim calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menghafalkan jawaban dari pertanyaan debat yang bakal dikirimkan KPU. 

Berbeda dengan Jokowi-Ma’ruf, Plate mengklaim paslon nomor urut 01 itu tak perlu menghafal karena telah mempersiapkan materi debat perdana pada 17 Januari mendatang dengan baik. 

“Silakan paslon 02 menghafal, namun paslon 01 lebih menekankan substansi dan program terukur dalam debat pertama tersebut,” ujar Plate melalui pesan singkat yang diterima CNNIndonesia.com, Minggu (6/1). 

Lihat juga: KPU, BPN dan TKN Sepakat Pertanyaan Diberikan Sebelum Debat

Mekanisme debat KPU yang bakal mengirim materi pertanyaan seminggu sebelum debat dikritik oleh kubu Prabowo. Pengurus DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean menyebut pemberian daftar pertanyaan ini sama saja menjadikan debat sebagai ajang lomba menghafal. 

Namun, menurut Plate, mekanisme debat sejatinya telah disepakati oleh kedua kubu. Oleh karena itu, kubu Prabowo mestinya tak lagi mempermasalahkan mekanisme pengiriman pertanyaan sebelum debat tersebut. 

“Masyarakat tentu akan menilai jalannya dan sosialisasi materi debat oleh paslon dan dibandingkan dengan rekam jejaknya. Apakah akan terukur atau hanya narasi teoritis saja,” katanya.

Lihat juga: Demokrat Persoalkan KPU Beri Pertanyaan Sebelum Debat

Sementara itu, Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto menegaskan pihaknya tak pernah mempermasalahkan mekanisme pengiriman materi soal sebelum debat. Menurutnya, seluruh pertanyaan dari panelis yang muncul saat debat memang harus direspons oleh tiap paslon. 

“Debat tidak lagi jadi persoalan karena hal-hal terkait problematika bangsa dijawab dengan baik oleh Pak Jokowi. Demikian pula Kiai Ma’ruf sebagai ulama yang muncul dari bawah sampai bisa jadi rais am NU,” ucapnya. 

Dari pertanyaan yang dikirimkan sebelum debat, Hasto menilai cara itu justru menjadi peluang bagi paslon untuk memperjelas program yang akan dijalankan. “Dari pertanyaan itu kami akan berikan program yang jelas dan berikan skala prioritas Jokowi-Ma’ruf ke depan,” kata Hasto. 

Lihat juga: BW Dicoret dari Panelis, Tim Jokowi Klaim Usulan Masyarakat

KPU diketahui bakal menggunakan dua format saat debat pilpres perdana pada 17 Januari mendatang yakni terbuka dan tertutup. Pada format pernyataan terbuka, KPU mengirimkan pertanyaan kepada para paslon sekitar sepekan sebelum debat dilaksanakan. Ada sekitar 20 pertanyaan namun hanya tiga di antaranya yang akan diajukan saat debat berlangsung. 

Ferdinand pun mengkritik format debat tersebut. Selain menyebut bahwa debat itu seperti ajang menghafal, ia menuding bahwa KPU terlalu berpihak pada kubu Jokowi. Kendati demikian Ferdinand mengklaim Prabowo-Sandi telah siap menghadapi materi debat perdana.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here